KOMPETENSI, TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPELA SEKOLAH
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
(Permendiknas) Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah
dijadikan acuan bagi pengembangan kompetensi kepala sekolah/madrasah.
Lepas dari permasalahan teknis dan
proses terpenuhi tidak terpenuhi para kepala sekolah tetap mengelola penyelenggaraan
kegiatan pendidikan dan pembelajaran di sekolah, yang menjadi tugas pokok
kepala sekolah meliputi kegiatan menggali dan mendayagunakan seluruh sumber
daya sekolah secara terpadu dalam kerangka pencapaian tujuan sekolah secara
efektif dan efisien meskipun dalam kondisi serba kurang paham.
Sehingga fakta menunjukkan bahwa masih
banyak Kepala Sekolah yang kurang memahami tugas pokok dan fungsinya dalam
mengelola kegiatan-kegiatan sekolah terkait implementasi dari 5 standar
kompetensi kepala sekolah. Bahkan hanya ada yang bersifat apriori(duga kira),
tidak mengetahui sama sekali standar kompetensi kepala sekolah, apa lagi
samapai ke indicator setiap kompetensi tersebut, termasuk penulis pun sampai
saat ini masihbelum memahami secara utuh. Maka dalam menjalankan tupoksinya
para kepala sekolah hanya bersifat tradisional sesuai dengan pengalaman
masing-masing, masih sedikit yang mampu mengimplementasikan kompetensinya ke
dalam bidang pekerjaan sebagai guru yang mendapat tugas tambahan. Sehingga masalah
ini merupakan salah satu unsur penyebab rendahnya mutu pendidikan dan keraguan
dari pemangku kebijakan terhadap eksistensi kepala sekolah pada saat ini.
Solusinya adalah Kepala sekolah dituntut
untuk senantiasa berusaha memahami kompetensi itu sendiri dan mampu
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya guna mewujudkan sekolah yang efektif ,
efisien sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan sesuai tuntutan yang
diharapkan oleh berbagai pihak. Bahakan ada yang berpikir seperti ini “Manakala
hak dan kewajiban para kepala sekolah terpenuhi dengan nyata maka pelaksanaan
tupoksinya di sekolah akan lebih nyata dan terikat dengan sumpah jabatannya.
Jika sebaliknya maka akan terjadi penumpukan masalah terkait kompetensi kepala
sekolah yang menjadi syarat utama dalam pelaksanaan tugas sebagai kepala
sekolah.
Berdasarkan latar belakang
pemikiran-pemikiran di atas, maka
penulis dalam makalah ini akan membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan ari kompetensi
yang harus dimiliki Kepala Sekolah, standar kompetensi serta Tugas Pokok dan
Fungsi Kepala Sekolah.
1.2. Identifikasi Masalah
Berdasaarkan uaraian
latar belakang masalah di atas maka penulis mengidentifikasi masalah yang
terjadi di lapangan adalah sebagai berikut:
1) Kurang
memahami arti dan penjabaran dari istilah kompetensi
2) Masih
banyak yang belum mengetahui standar kompetensi kepala sekolah beserta indikator
pelaksanaannya
3) Tugas
pokok dan fungsi kepala sekolah masih berdasarkan pengalaman masing-masing
belum dibarengi dengan tuntutan standar kompetensi kepala sekolah
1.3. Rumusan Masalah.
Rumusan masalah yang
dapat dirumuskan pada makalah ini adalah sebagai berikut;
1) Apakah
pengertian kompetensi ?
2) Apakah
kompetensi yang harus dimiliki Kepala Sekolah ?
3) Apakah
Tugas Pokok, Peran dan Fungsi Kepala Sekolah?
1.4. Tujuan Penulisan
1) Untuk
mengetahui gambaran tentang pengertian kompetensi dan penjabarannya;
2) Untuk
mengetahui gambaran tentang kompetensi yang harus dimiliki Kepala Sekolah;
3) Untuk
mengetahui gambaran tentang Tugas Pokok, Peran dan Fungsi Kepala Sekolah;
1.5. Manfaat Penulisan
1) Kepala
Sekolah
Agar para kepala
sekolah dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai guru yang diberi tugas
tambahan sesuai dengan standar kepala kompetensi kepala sekolah
2) Pendidik
dan Tenaga kependidikan
Agar para pendidik
dapat menegtahui yang sebenarnya bahwa
kepala sekolah merupaka tugas tambahan dari tugas pokok sebagai guru,
sehingga para guru dapat mempersiapkan diri untuk menjadi kepal sekolah pada
pengembangan kariernya
3) Satuan
Pendidikan
Agar sekolah dapat
berjalan dengan lancar dan dapat memenuhi tuntutan 8 standar pendidikan
nasional ketika dipimpin oleh kepala sekolah yang memiliki kompetensi dan mampu
mengimplementasikannya dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru yang mendapat
tugas tambahan kepala sekolah.
Untuk Lengkapnya Silahkan Download di sini
terimakasih
BalasHapusMakasih ini sangat bermamfaat.
BalasHapus