Sabtu, 10 Juni 2017

Contoh Makalah Best Practice


KOMPETENSI, TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPELA SEKOLAH
BAB 1
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang Masalah
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah dijadikan acuan bagi pengembangan kompetensi kepala sekolah/madrasah. 
Lepas dari permasalahan teknis dan proses terpenuhi tidak terpenuhi para kepala sekolah tetap mengelola penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pembelajaran di sekolah, yang menjadi tugas pokok kepala sekolah meliputi kegiatan menggali dan mendayagunakan seluruh sumber daya sekolah secara terpadu dalam kerangka pencapaian tujuan sekolah secara efektif dan efisien meskipun dalam kondisi serba kurang paham.
Sehingga fakta menunjukkan bahwa masih banyak Kepala Sekolah yang kurang memahami tugas pokok dan fungsinya dalam mengelola kegiatan-kegiatan sekolah terkait implementasi dari 5 standar kompetensi kepala sekolah. Bahkan hanya ada yang bersifat apriori(duga kira), tidak mengetahui sama sekali standar kompetensi kepala sekolah, apa lagi samapai ke indicator setiap kompetensi tersebut, termasuk penulis pun sampai saat ini masihbelum memahami secara utuh. Maka dalam menjalankan tupoksinya para kepala sekolah hanya bersifat tradisional sesuai dengan pengalaman masing-masing, masih sedikit yang mampu mengimplementasikan kompetensinya ke dalam bidang pekerjaan sebagai guru yang mendapat tugas tambahan. Sehingga masalah ini merupakan salah satu unsur penyebab rendahnya mutu pendidikan dan keraguan dari pemangku kebijakan terhadap eksistensi kepala sekolah pada saat ini.
Solusinya adalah Kepala sekolah dituntut untuk senantiasa berusaha memahami kompetensi itu sendiri dan mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya guna mewujudkan sekolah yang efektif , efisien sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan sesuai tuntutan yang diharapkan oleh berbagai pihak. Bahakan ada yang berpikir seperti ini “Manakala hak dan kewajiban para kepala sekolah terpenuhi dengan nyata maka pelaksanaan tupoksinya di sekolah akan lebih nyata dan terikat dengan sumpah jabatannya. Jika sebaliknya maka akan terjadi penumpukan masalah terkait kompetensi kepala sekolah yang menjadi syarat utama dalam pelaksanaan tugas sebagai kepala sekolah.
Berdasarkan latar belakang pemikiran-pemikiran  di atas, maka penulis dalam makalah ini akan membahas mengenai  hal-hal yang berkenaan dengan ari kompetensi yang harus dimiliki Kepala Sekolah, standar kompetensi serta Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah.
1.2.  Identifikasi Masalah
Berdasaarkan uaraian latar belakang masalah di atas maka penulis mengidentifikasi masalah yang terjadi di lapangan adalah sebagai berikut:
1)      Kurang memahami arti dan penjabaran dari istilah kompetensi
2)      Masih banyak yang belum mengetahui standar kompetensi kepala sekolah beserta indikator pelaksanaannya
3)      Tugas pokok dan fungsi kepala sekolah masih berdasarkan pengalaman masing-masing belum dibarengi dengan tuntutan standar kompetensi kepala sekolah
1.3.  Rumusan Masalah.
Rumusan masalah yang dapat dirumuskan pada makalah ini adalah sebagai berikut;
1)      Apakah pengertian kompetensi ?
2)      Apakah kompetensi yang harus dimiliki Kepala Sekolah ?
3)      Apakah Tugas Pokok, Peran dan Fungsi Kepala Sekolah?
1.4.  Tujuan Penulisan
1)      Untuk mengetahui gambaran tentang pengertian kompetensi dan penjabarannya;
2)      Untuk mengetahui gambaran tentang kompetensi yang harus dimiliki Kepala Sekolah;
3)      Untuk mengetahui gambaran tentang Tugas Pokok, Peran dan Fungsi Kepala Sekolah;
1.5.  Manfaat Penulisan
1)   Kepala Sekolah
Agar para kepala sekolah dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai guru yang diberi tugas tambahan sesuai dengan standar kepala kompetensi kepala sekolah
2)   Pendidik dan Tenaga kependidikan
Agar para pendidik dapat menegtahui yang sebenarnya bahwa  kepala sekolah merupaka tugas tambahan dari tugas pokok sebagai guru, sehingga para guru dapat mempersiapkan diri untuk menjadi kepal sekolah pada pengembangan kariernya
3)   Satuan Pendidikan

Agar sekolah dapat berjalan dengan lancar dan dapat memenuhi tuntutan 8 standar pendidikan nasional ketika dipimpin oleh kepala sekolah yang memiliki kompetensi dan mampu mengimplementasikannya dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru yang mendapat tugas tambahan kepala sekolah.


Untuk Lengkapnya Silahkan Download di sini

2 komentar:

Kumpulan Soal PTS Semester Genap K. Merdeka dan K.13

Asesmen adalah aktivitas yang menjadi kesatuan dalam proses pembelajaran. Asesmen dilakukan untuk mencari bukti ataupun dasar pertimbangan t...