Pengertian Total Quality
Management (TQM)
Oleh Asep Supriadi, S.Pd.,MM.Pd
Total
Quality Management (TQM) merupakan suatu pendekatan yang berorientasi pada
pelanggan dengan memperkenalkan perubahan manajemen secara sistematik dan
perbaikan terus menerus terhadap proses, produk, dan pelayanan suatu
organisasi. Proses Total Quality Management bermula dari pelanggan dan berakhir
pada pelanggan pula.
Konsep
Total Quality Management berasal dari tiga kata yaitu total, quality, dan
management. Fokus utama dari TQM adalah kualitas/ mutu. Mutu sebagai
tercukupinya kebutuhan (conformance to requirement).
Kata
selanjutnya adalah total, yang dalam bahasa Indonesia sering dipakai kata
menyeluruh atau terpadu. Kata total (terpadu) dalam Total Quality Management
menegaskan bahwa setiap orang yang berada dalam organisasi harus terlibat dalam
upaya peningkatan secara terus menerus.
Unsur
ketiga dari Total Quality Management, adalah kata management, yang merupakan
konsep awal dari TQM itu sendiri. Ada banyak definisi manajemen yang telah
dikemukakan oleh para pakar. Secara etimologis, kata manajemen berasal dari
bahasa Inggris management yang berarti ketatalaksanaan, tata pimpinan, dan
pengelolaan.
Menurut
Tjiptono, Total Quality Management (TQM) merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan
usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan
terus menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya. Singkatnya
TQM merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha
dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota
organisasi. Tujuannya adalah untuk menjamin bahwa pelanggan puas terhadap
barang dan jasa yang diberikan, serta menjamin bahwa tidak ada pihak yang
dirugikan.
Total
Quality Management (TQM) merupakan suatu konsep manajemen modern yang berusaha
untuk memberi kan respon secara tepat terhadap setiap perubahan yang ada, baik
yang didorong oleh kekuatan eksternal maupun internal organisasi. Dasar
pemikiran peiunya TQM sangatlah sederhana, yakni bahwa cara terbaik agar dapat
bersaing unggul dalam persaingan global adalah dengan menghasilkan kualitas
yang terbaik. Oleh karena itu, Total Quality Management (TQM) merupakan teori
ilmu manajemen yang mengarahkan pimpinan organisasi dan personilnya untuk
melakukan program perbaikan mutu secara berkesinambungan yang terfokus pada
pencapaian kepuasan para pelanggan.
Kepustakaan:
Ismanto,
Manajemen Syari’ah Implementasi TQM dalam Lembaga Keuangan Syari’ah.
(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009). Siswanto, Pengantar Manajemen. (Jakarta:
PT. Bumi Aksara Sallis, 2007). Edward, Total Quality Management in Education.
(Jogjakarta: Ircisod, 2011). Moenir, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia.
(Jakarta: Bumi Aksara, 2006). George Terry, Dasar-Dasar Manajemen. (Jakarta:
Bumi Aksara, 2005). Fandy Tjiptono, Manajemen Jasa. (Yogyakarta: Andi. 2000).
Vincent Gaspersz, Total Quality Management. (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama, 2005).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar